Yamaha Buka Kelas Khusus di 54 SMK, Terbaru Ada di Nganjuk

  • Kelas Khusus Yamaha resmi dibuka di SMK Kusuma Negara Kertosono di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Siswa dapat mempelajari teknik dan bisnis sepeda motor.

Otojatim.com - Yamaha menunjukkan kepedulianya terhadap dunia pendidikan, khususnya jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan mengadakan Program “SMK Binaan Yamaha”.


Melalui program ini, lebih dari 3.500 lulusan SMK telah mendapat pelatihan teknologi otomotif Yamaha.


Program “SMK Binaan Yamaha” menjadi cikal bakal dari dibukanya Kelas Khusus Yamaha di 54 SMK di Indonesia. Salah satunya di SMK Kusuma Negara Kertosono di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang resmi dibuka pada Selasa 7 Mei 2024.


Kelas Khusus Yamaha sendiri fokus mengasah kompetensi di bidang Teknik Bisnis Sepeda Motor dengan menggunakan kurikulum tersinkronisasi dengan Yamaha.


Harapannya, pengetahuan dan teknologi yang dimiliki Yamaha dapat menjadi bekal mumpuni di industri nyata.


Acara peresmian Kelas Khusus Yamaha SMK Kusuma Negara Kertosono dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebuyaan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Dr. Aries Agung Paewai, S.STP, M.M, PJ Bupati Kabupaten Nganjuk yang diwakili oleh Sri Handoko Taruna, S.STP, M.Si, Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur wilayah Nganjuk yang diwakili oleh Dra. Evi Dwi Widajanti, M.M, mantan Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.M., MBA, Sekolah Mitra Yamaha se-DDS Madiun Kediri, perwakilan dealer Yamaha se-Kabupaten Nganjuk, Kepala SMA-SMK se-Kabupaten Nganjuk serta mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) lainnya.

”Program SMK Binaan Yamaha sebagai bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) sudah dilaksanakan sejak tahun 2003 hingga saat ini. Program ini untuk mempersiapkan siswa dan siswi SMK siap pakai di dunia kerja dan kewirausahaan, melalui standarisasi kurikulum Teknik Sepeda Motor sesuai kurikulum Yamaha Technical Academy. Ini selaras dengan perkembangan industri sepeda motor terkini dan mengacu pada Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang saat ini sedang disusun, sehingga mampu mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dan dunia industri,” jelas Hendra, Manager Education PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).


Pihak SMK Kusuma Negara Kertosono menanggapi positif dibukanya Kelas Khusus Yamaha. ”Dengan adanya Kelas Khusus Yamaha, kami berharap SMK bisa menghasilkan lulusan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing, bukan hanya lulusan yang siap kerja tetapi juga berkualitas dan siap berwirausaha. Kelas Khusus Yamaha ini bukan sekedar menjadikan siswa memiliki kompetensi di bidangnya, tetapi juga menjadikan siswa bisa berprestasi dengan akademik dan menjadikan siswa memiliki pendidikan karakter sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),” jelas Prof. Dr. Sumarji, SP.MP, Kepala Sekolah SMK Kusuma Negara Kertosono.


Di wilayah Jawa Timur khususnya wilayah kerja DDS Madiun Kediri, Kelas Khusus Yamaha bisa didapatkan di:

  1. SMK Pemkab Ponorogo
  2. SMK Kertanegara Kediri
  3. SMK N 1 Kebonsari Madiun
  4. SMK Kusuma Negara Kertosono

Dengan program SMK Binaan Yamaha diharapkan bisa menghasilkan lulusan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, bukan hanya siap kerja, tetapi juga siap berwirausaha sesuai Instruksi Presiden No. 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi