Jangan Diamplas dan Direndam, Yamaha STSJ Bagikan Tips Rawat Busi Motor yang Benar

  • Yamaha STSJ membagikan cara ampuh merawat busi motor di musim hujan.

Otojatim.com - Agar ruang bakar mesin tetap bekerja dengan optimal, kondisi busi harus diperhatikan. Mengingat peranan busi dalam memantikan api listrik selama proses pembakaran pada mesin motor, merupakan proses vital agar motor dapat berfungsi dengan baik.


Terlebih di musim penghujan seperti sekarang ini di mana memastikan kendaraan dalam keadaan baik adalah keharusan untuk menghindari hal tak diinginkan saat perjalanan.


“Memasuki musim hujan ini memang kita sebagai pengendara sepeda motor harus memperhatikan perawatan kendaraan lebih ekstra. Salah satunya adalah merawat busi yang merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Hal ini tentu berguna untuk mencegah potensi permasalahan yang berkaitan dengan pengapian atau pembakaran,” kata Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Menurut Ilham, jangan menggosok kepala busi menggunakan amplas karena amplas memiliki sifat abrasif, begitu pula busi. Sehingga jika keduanya bertemu, lapisan elektroda pada busi bisa terkikis. 


Jika Anda hendak membersihkan busi, cukup menggunakan sikat gigi atau disemprot dengan angin saja. Dengan begitu, kotoran atau kerak yang menempel pada komponen busi bisa hilang.


Selain itu, Ilham juga menyarankan agar pengguna tidak merendam busi menggunakan cairan seperti minyak atau bensin. Hal ini justru dapat membuat kotoran dan debu menempel di kepala busi. 


Pengecekan dan penyetelan celah busi juga harus dilakukan sesuai ukuran standar. Konsumen juga bisa melakukan test pengapian pada kendaraan. Apa bila warna api yang keluar adalah warna biru, busi masih dalam kondisi dan performa yang baik. 


"Jangan lupa untuk mengganti busi secara berkala sesuai dengan buku pedoman sepeda motor atau setiap 8.000 - 12.000 km atau 7-12 bulan. Ini berguna agar performa dan kondisi mesin tetap optimal walaupun dimusim hujan," kata Ilham.


Bagi pengguna Yamaha, teknisi andal di bengkel resmi Yamaha siap membantu konsumen untuk melakukan perawatan pada kendaraan menggunakan komponen yang dijamin keASLIannya.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi