Sederhana Tapi Efeknya Luar Biasa, Ini Cara Rawat Knalpot Motor yang Benar Ala Yamaha

  • Yamaha STSJ membagikan cara mudah merawat knalpot motor agar terhindar dari penurunan performa berkendara.

Otojatim.com - Tak hanya sebagai saluran pembuangan gas, knalpot memegang peranan penting dalam menjaga performa kendaraan. Jika pembuangan gas baik, maka tarikan motor bisa maksimal. Selain itu, knalpot juga berfungsi untuk mengurangi kadar polusi. Oleh karenanya, knalpot tidak boleh luput dari perawatan


Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan bahwa jika knalpot bermasalah maka akan mengganggu sistem pembakaran pada motor.


“Kalau sudah kena sistem pembakaran, akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar cenderung lebih boros. Jadi perawatan knalpot juga penting untuk diperhatikan agar tidak mengganggu kinerja komponen yang lainnya,” ungkap Ilham.


Sebenarnya, cara merawat knalpot terbilang mudah, yakni hanya dengan rutin membersihkan komponen-komponennya, terutama di musim penghujan. Bagian leher knalpot harus dibersihkan dari air hujan, debu, maupun lumpur agar tidak cepat berkarat. Caranya cukup disiram dengan air bersih.


Jika terjadi kebocoran pada knalpot, segera periksa bagian dinding knalpot yang ada pada sambungan baut. Kondisi baut pengikat yang tidak kencang dapat menyebabkan kebocoran dan akan berdampak pada komponen lainnya. 


Oleskan oli pada leher knalpot secara berkala untuk menghindari karat. Setelah dioles, nyalakan mesin selama dua menit agar oli  yg berlebihan bisa menguap sebelum digunakan untuk berkendara. 


“Karena memiliki fungsi yang penting, jadi jangan sampai konsumen lalai dengan perawatan knalpot kendaraannya,” tambah Ilham. 


Konsumen Yamaha dapat melakukan perawatan berkala di dealer resmi. Teknisi siaga Yamaha akan dengan sigap membantu konsumen untuk mengetahui komponen yang memerlukan perawatan secara ekstra. Dengan begitu, motor kesayangan Anda dapat terhindar dari berbagai masalah.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi