Kebiasaan yang Suka Disepelekan Ini Ternyata Bikin Motor Cepat Rusak

  • Yamaha STSJ ungkap 4 hal yang suka dilakukan oleh para pemilik motor, padahal tanpa disadari dapat merusak motor.

Otojatim.com - Sepeda motor memang sangat praktis dalam hal penggunaan dan perawatan. Namun, hal ini jangan menjadi alasan untuk menyepelekan. Banyak komponen di dalamnya yang dapat mempengaruhi performa. Maka penting melakukan servis rutin dan hindari hal-hal yang dapat memicu kerusakan.


“Sebagai pengendara sepeda motor, wajib memperhatikan beberapa hal agar kondisi kendaraan tetap prima. Jangan sampai konsumen menormalisasikan beberapa hal yang justru membuat kondisi kendaraan tidak berumur panjang. Perawatan sepeda motor itu bisa dilakukan dengan mudah, baik dari bengkel resmi maupun dari rumah masing-masing. Jadi tidak ada alasan bagi para pemilik kendaraan untuk tidak merawat kendaraannya," kata lham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Berikut ini hal-hal yang lazim dilakukan masyarakat, namun dapat membuat performa motor turun drastis dengan cepat.


1. Telat ganti oli

Idealnya, oli diganti setiap 3.000 - 4.000 km. Jika hal ini ditunda-tunda terus, dampaknya adalah mesin lebih mudah panas atau overheat sehingga kinerjanya menurun. Konsumsi bahan bakar dapat menjadi lebih boros karena kinerja mesin lebih berat. 


2. Malas service CVT

Kondisi Continuously Variable Transmission (CVT) berfungsi meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin kepada ban. Jika konsumen malas melakukan perawatan CVT tepat waktu maka akan mempercepat kerusakan dan keausan pada suatu komponen. Kondisi ini dapat terjadi karena kinerja CVT akan semakin tinggi. 


3. Mematikan mesin saat putaran masih tinggi

Jangan mematikan mesin saat putaran masih tinggi. Hal ini dapat membuat persebaran oli tidak berjalan maksimal. Mesin bisa menjadi aus sehingga menyebabkan kerusakan pada dinding silinder pada kendaraan. 


4. Penggunaan Spare Part palsu

Kualitas dan durabilitas komponen palsu tidak akan sebagus oleh komponen yang ASLI. Maka, pastikan Anda tahu cara membedakan mada komponen asli ataupun palsu


“Menghindari hal-hal tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah upaya untuk merawat kendaraan anda,” tambah Ilham. 


Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui instagram resmi @Yamahafriends.


LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi