Persiapan Mudik, Yamaha STSJ Bagikan Cara Usir Kantuk Saat Mengendarai Motor

  • Mengantuk di perjalanan sering terjadi terutama dalam keadaan lelah. Padahal kondisi ini sangat berbahaya. Yamaha STSJ membagikan tips mengatasinya.

Otojatim.com - Ngantuk jadi masalah yang kerap menghantui pengendara sepeda motor. Apalagi setelah lelah beraktivitas seharian, tingkat konsentrasi biasanya akan menurun. Tentu ini sangat membahayakan karena berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. 


“Jangan sampai pengendara memaksakan untuk berkendara dalam kondisi ngantuk. Jika memang merasa dalam keadaan ngantuk, segera menepi di pinggir jalan. Sebab kondisi mengantuk, pengendara cenderung memiliki respon yang lambat dan kurang waspada terhadap sekitarnya. Sebagai pengendara yang baik, tetap harus menerapkan safety riding agar kita semua bisa selamat sampai tujuan,” kata William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ). 


Untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara, berikut ini tips yang dapat dilakukan: 

Lakukan peregangan atau stretching kecil-kecilan

Saat motor berhenti, Anda dapat melakukan peregangan otot kecil-kecilan untuk merileksasi tubuh sehingga rasa ngantuk berkurang.


Bernyanyi sambil mendengarkan music 

Alihkan rasa kantuk dengan bernyanyi di sepanjang jalan. Boleh juga sambil mendengarkan musik namun dengan volume pelan agar tidak mengganggu kewaspadaan terhadap keadaan sekitar.


Mengunyah permen

Mengunyah permen karet juga bisa membantu mengusir kantuk. Bisa juga diganti dengan camilan lain selama tidak mengganggu konsentrasi dan keselamatan berkendara. 


Istirahat yang cukup

Pastikan pengendara cukup istirahat sebelum mengemudikan sepeda motor. Apalagi jika ingin menempuh jarak perjalanan yang jauh. Pastikan kondisi tubuh fit, sehingga fokus tidak terganggu.


Bagi pengendara yang menempuh perjalanan jauh, ada baiknya untuk beristirahat sejenak setidaknya setiap 2 jam sekali. Hal ini berguna untuk menghindari potensi pengendara tertidur ketika berkendara. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi