harga yamaha jatim

Air Bersih Kini Mengalir Deras di Desa Seloliman Mojokerto Berkat Yamaha Clean Water Supply System

  • Desa Seloliman, Kabupaten Mojokerto, mendapat bantuan berupa alat penjernih air berstandar global dari Yamaha. Bupati Ikfina menerima secara simbolik bantuan tersebut.


Suarajatim.com - Bupati Kabupaten Mojokerto, Ikfina Fahmawati beserta jajarannya menyambut kedatangan tim Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Senin (22/7/2024).

Bertempat di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Ikfina secara simbolik menerima bantuan dari Yamaha Indonesia berupa Clean Water Supply System yang nantinya akan digunakan untuk memproduksi air bersih layak minum untuk warga desa.


“Terima kasih Yamaha atas penyerahan Clean Water Supply System ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik dan menambah perekonomian warga Desa Seloliman,” ucap Ikfina dalam sambutannya.

Petinggi Yamaha Indonesia ikut hadir menyerahkan langsung water purifier tersebut. Antaranya President Director Yamaha STSJ Robert Tansil, CEO YIMM Dyonisius Beti, dan didampingi oleh Manager Yamaha Water, Glenn Almerano Tangkau. Acara juga dihadiri oleh komunitas sepeda motor Yamaha di wilayah Jawa Timur.


“Ketersediaan air bersih di tengah krisis pemanasan global masih menjadi tantangan bagi banyak negara di dunia termasuk Indonesia. Untuk itu, selama beberapa tahun terakhir, Yamaha bersama Mitra Bisnis, Pemerintah, dan para Stakeholder, menjalankan Sustainable Development Goals (SDG’s). Salah satunya dengan mengadakan Yamaha Clean Water Supply System untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih di banyak wilayah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Papua," ungkap Takeshita Naotaka, President Director PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia (YMNI) yang juga menjabat sebagai Vice President Director di PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM).


Adapun unit yang diberikan adalah Yamaha Clean Water seri 008A buatan Jepang yang mampu menghasilkan 8.000 liter air minum bersih untuk kebutuhan 400-500 kepala keluarga per hari. 


Sebelum didistribusikan, alat ini telah melalui sejumlah tes di laboratorium air Yamaha dan di laboratorium air Sucofindo Surabaya. Bahkan sudah diakui secara global melalui penghargaan bergengsi, Energy Global National Award 2022 dari Energy Globe Foundation.


"Yamaha Clean Water Supply System ini membawa prinsip ramah lingkungan, artinya tidak ada bahan kimia, tidak ada pembuangan air limbah yang mengandung bahan beracun berbahaya. Alat ini mampu menyaring air hingga layak minum," kata Glenn Almerano, Manager Yamaha Water.

Keuntungan lain dari Yamaha Clean Water adalah kemudahan dalam pengoperasian dan rendahnya biaya perawatan. Agar alat dapat berfungsi dengan optimal, Yamaha mengadakan pelatihan untuk masyarakat setempat mengenai cara merawat dan mengoperasikannya.


"Harapan kami ketika nantinya unit ini telah beroperasi secara optimal, dapat memberikan dampak signifikan serta manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Desa Seloliman dan sekitarnya secara berkelanjutan. Terutama dalam hal peningkatan ekonomi melalui unit bisnis pengelolaan air minum bersih, yang di-manage secara langsung oleh SDM lokal setempat," tutup Glenn.

LihatTutupKomentar