Masih Ogah Beli Spare Part di Bengkel Resmi? Yamaha Peringatkan Hal Ini

  • Masih banyak masyarakat yang lebih memilih membeli sparepart di sembarang tempat, dibading ke bengkel resmi. Padahal ancaman produk palsu menyebar kian luas.

Otojatim.com - Peredaran spare part palsu semakin meluas. Fenomena ini terjadi karena selain tingginya permintaan sparepart, juga masih besarnya minat masyarakat pada produk-produk murah meski kualitasnya rendah.


Padahal, penggunaan spare part palsu bukannya menguntungkan malah lebih banyak merugikan. Selain menurunkan performa mesin, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih boros. 


Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan bahwa sering kali sparepart asli dan palsu sulit dibedakan dengan kasat mata.


"Untuk menghindari penggunaan suku cadang palsu, konsumen bisa melakukan pembelian di bengkel resmi yang sudah terjamin keasliannya. Karena suku cadang yang dijual dibengkel resmi sama dengan suku cadang yang digunakan pada motor baru. Jadi tidak akan membahayakan keselamatan para pengendara sepeda motor,” kata Ilham.


Ilham juga menyampaikan dampak yang akan terjadi bila konsumen menggunakan suku cadang palsu. Berikut ini ulasannya: 

1. Performa mesin akan menurun

Penggunaan suku cadang yang tidak sesuai dengan spesifikasi asli dapat mengganggu kinerja mesin, sehingga akan berdampak juga pada komponen lainnya yang saling berhubungan. 


2. Penggunaan BBM lebih boros

Kinerja kendaraan yang menggunakan suku cadang palsu tidak akan sama dengan yang mengunakan suku cadang asli. Contohnya, filter udara palsu yang menyaring udara kotor agar tidak sampai pada sistem pembakaran. Jika yang digunakan filter palsu, maka penyaringan tidak akan maksimal dan membuat komponen lainnya bekerja lebih keras sehingga meminum lebih banyak BBM.


3. Garansi sepeda motor hangus

Jika pemilik kendaraan kedapatan menggunakan suku cadang palsu, maka secara otomatis garansi service akan hangus. Maka dari itu, hindari penggunaan suku cadang palsu agar konsumen dapat menikmati garansi service yang berlaku. 


4. Berkendara jadi tidak nyaman

Jika kerja mesin tidak optimal, banyak hambatan, terasa berat, maka risiko kegagalan mesin menjadi lebih besar dan berpotensi mengancam keselamatan.


"Untuk mendapatkan suku cadang yang asli, konsumen bisa langsung mengunjungi bengkel resmi Yamaha terdekat. Penggunaan suku cadang yang asli tentu membuat umur pada komponen kendaraan lebih awet dan tidak mudah rusak," tutup Ilham.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi