Biar Performa Motor Matic Yamaha Kayak Baru Terus, Ini 4 Hal yang Wajib Dilakukan

  • Yamaha STSJ membagikan tips agar performa motor matic Anda selalu prima seperti baru.

Otojatim.com - Motor matic memang memberikan banyak kemudahan dalam berkendara. Seperti teknologi dan fitur yang canggih, lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan motor kopling, juga gampang dioperasikan sehingga nyaman untuk perjalanan dekat ataupun jauh. Maka tak heran motor matic jadi kendaraan favorit masyarakat.


Namun, masih banyak konsumen yang abai dengan perawatan motor maticnya sehingga performa terganggu dan harus masuk bengkel. 


“Jangan sampai konsumen tidak menyadari performa motornya terganggu. Kami tidak pernah bosan untuk mengingatkan konsumen agar melakukan servis rutin di bengkel resmi. Karena perawatan di bengkel resmi selain terjamin Ke ASLIan Spare Part nya, konsumen akan ditangani langsung oleh teknisi andal Yamaha. Jadi tidak perlu ragu setiap melakukan perawatan sepeda motor kesayangan,” kata Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Lebih lanjut Ilham membagikan empat tips merawat sepeda motor matic agar performanya seperti baru terus.


Bersihkan komponen CVT 

Merawat CVT (Continuously Variable Transmission) adalah salah satu kunci menjaga kondisi mesin tetap prima. Cara paling sederhana adalah dengan membersihkan CVT dari tumpukan kotoran dan oli bekas gesekan antar komponen. Setidaknya komponen dapat dibersihkan setiap 12.000 km/12 bulan. 


Ganti V-Belt kendaraan

V-Belt berfungsi untuk mendukung engine dalam sistem penggerak. Komponen ini perlu diganti setiap 25.000 km atau setiap 25 bulan sekali untuk pemakaian standar, dan akan semakin cepat jika pemakaian motor lebih sering digunakan.


Rutin ganti oli mesin 

Pada buku manual, umumnya tertera bahwa oli mesin harus diganti setiap 3.000 km/3 bulan. Jika lalai, maka akan berdampak pada komponen lainnya dan mengganggu performa komponen pada kendaraan. 


Ganti oli transmisi

Penggantian oli transmisi direkomendasikan setiap 12.000 km/ 12 bulan sekali. Fungsinya untuk melumasi dan mendinginkan sistem transmisi pada kendaraan. Ciri pelumasan terganggu adalah timbulnya bunyi berisik pada bagian box CVT kendaraan dibagian belakang. 


Perawatan kendaraan dapat dilakukan sendiri ataupun melalui bengkel resmi Yamaha. Informasi lebih lanjut terkait bengkel resmi dapat dilihat melalui website resmi www.yamaha-stsj.com.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi