Agar Tidak Menyesal, ini Empat Ciri Penting Motor Yamaha Butuh Service

ciri ciri motor waktunya service

Otojatim.com - Sebagai seorang pengendara motor yang aktif, penting untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan. Performa motor yang menurun dapat mengganggu mobilitas sehari-hari. Untuk itu, penting bagi konsumen untuk melakukan pengecekan kondisi motor secara rutin, baik melalui bengkel resmi maupun di rumah.


Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), menyatakan, "Masih banyak konsumen yang tidak menyadari kondisi motor mereka sendiri. Seringkali, konsumen juga lalai dalam melakukan service rutin motor mereka. Kebanyakan konsumen baru merasa ada keluhan pada motornya baru pergi ke bengkel. Sebisa mungkin konsumen harus rajin untuk melakukan pengecekan kendaraannya agar menghindari kerusakan komponen yang lebih parah."


Ilham juga memberikan empat tanda bahwa motor membutuhkan service, yakni:

  1. "Getaran mesin terasa kasar. Kondisi motor yang terus menerus digunakan akan menyebabkan perubahan pada mesin dan sistem chasis, sehingga menimbulkan getaran pada body motor yang terasa kasar."
  2. "Motor terasa kurang bertenaga. Setiap motor dilengkapi dengan sistem penghasil tenaga, pemindah tenaga yang nantinya akan pemutar roda belakang. Kondisi sistem rangkaian tersebut, jika tidak baik, akan mengganggu performa atau hasil tenaga mesin yang dihasilkan tidak tersalurkan dengan baik sehingga tarikan gas dirasa kurang bertenaga."
  3. "Lebih boros BBM. Kondisi mesin yang tidak optimal akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang cenderung lebih boros. Kinerja motor akan dipaksa untuk bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan konsumsi BBM yang lebih boros."
  4. "Sudah melewati batas waktu atau jarak tempuh pemakaian. Pemilik kendaraan wajib melakukan service rutin setiap 2.000-3.000 km dan kelipatannya. Kondisi sepeda motor yang telat diservice akan berpengaruh pada performa kendaraan. Acuan jadwal service juga dapat dilihat melalui Kartu Service Berkala (KSB) yang telah diberikan."


Ilham menyarankan untuk melakukan service atau pengecekan kondisi kendaraan melalui bengkel resmi Yamaha yang telah terjamin kualitasnya. Teknisi Handal Yamaha akan membantu konsumen untuk merawat kendaraan kesayangannya.(*)


Ikuti berita Yamaha dari Google News

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi