Tips Yamaha: Rawat 4 Komponen Ini Supaya Motor Matic Tahan Lama

  • Agar motor matic Anda awet tahan lama, perlu dilakukan perawatan rutin, terutama pada 4 komponen berikut ini.


Otojatim.com - M
otor matic masih jadi kendaraan favorit masyarakat dalam mendukung mobilitas harian. Mudah digunakan dan memiliki fitur fungsional jadi alasan utama mengapa masyarakat lebih memilih motor matic.

Namun, tahukah Anda kalau motor matic memerlukan perawatan khusus agar performanya tetap terjaga? Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan bahkan wajib diganti secara berkala, terutama sehabis bepergian jarak jauh.

“Sebagai pengendara sepeda motor, kita wajib mengetahui komponen yang berperan penting dalam kendaraan kita. Selain menunjang keselamatan, perawatan ini akan membantu pengendara menjaga kondisi kendaraannya tetap maksimal. Sehingga terhindar dari kerusakan-kerusakan yang berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara,” kata Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Berikut merupakan beberapa tips agar motor matic tetap terawat dan terjaga kondisinya.

Pastikan tegangan aki/baterai cukup
Akki berperan untuk memasok energi listrik ke kelistrikan pada kendaraan. Jika kinerja aki tidak prima, motor jadi susah distarter, lampu redup, bahkan bisa menyebabkan motor mogok. Oleh karenanya, pengendara wajib memperhatikan kondisi aki. Umumnya, aki kendaraan dapat bertahan 3-4 tahun tergantung dengan cara pemakaian kendaraan. 

Pastikan suara pada CVT tidak kasar
Continuously Variable Transmission (CVT) berfungsi meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin motor ke roda sehingga motor dapat melaju. Jika CVT mengeluarkan bunyi kasar, tandanya komponen V-Belt tidak berfungsi dengan baik dan harus diganti agar tidak mengganggu komponen lainnya. 

Rutin mengganti oli secara berkala
Normalnya penggantian oli dilakukan tiap 2000-3000 km,  sedangkan oli gardan dilakukan ketika motor mencapai 7000-10.000 km. Atau secara sederhana, konsumen dapat mengganti oli tiap 2-3 bulan sekali. Dengan begitu, umur motor matic bisa menjadi lebih panjang. 

Perhatikan kondisi ban kendaraan
Kondisi ban akan memengaruhi keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Ban yang botak bisa menyebabkan kendaraan tergelincir. Penggantian ban motor dapat dilakukan tiap 10.000-20.000 km atau kurang lebih setiap 10-12 bulan pemakaian. 

Bagi pengguna motor matic Yamaha, perawatan berkala dapat dilakukan di bengkel resmi yang sudah terjamin kualitas dan keASLIannya. 
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi