Dijamin Ampuh! Ini 4 Tips Usir Bau Helm Ala Yamaha

  • Sering menerobos hujan saat mengendarai motor membuat helm jadi basah dan bau apek. Untuk itu Yamaha memberikan tips mengusir bau pada helm kesayangan Anda.

Jakarta, Otojatim.com - Di musim hujan seperti sekarang ini membuat para pengendara sepeda motor terkadang harus rela basah-basahan menerobos jalanan agat bisa cepat sampai ke tujuan. Akibatnya helm basah dan bau apek tak dapat dihindari. 


“Kondisi helm yang bau apek selain bikin penggunanya merasa tidak nyaman, juga dapat membuat rambut jadi bau. Tidak hanya karena terkena hujan, bau apek juga bisa timbul akibat keringat atau debu yang menempel pada busa helm,” kata William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Lebih lanjut William menyampaikan bahwa hal tersebut tentu bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini:

1. Jemur Di Tempat Terbuka

Cara inilah yang kerap dilakukan oleh para pengendara untuk menghilangkan bau dan mencegah bakteri jahat di dalam helm. Bagian busa pada helm dilepas, lalu dijemur di bawah sinar matahari agar lebih cepat kering. Sementara batoknya bisa diangin-angin saja.   


2. Hindari Meletakan di Tempat Lembab

Jika tempat penyimpananannya lembab, helm dapat dengan mudah menyerap aroma dari tempat tersebut dan ikut menjadi lembab. Pindahkan helm ke tempat yang kering, sejuk, dan terbuka. Pastikan kaca helm juga terbuka agar sirkulasi udara dapat berjalan baik.


3. Gunakan Bubuk Kopi

Bubuk kopi memiliki kemampuan untuk menyerap aroma tak sedap di sekitarnya. Cukup gunakan 1-2 sendok makan bubuk kopi, kemudian masukkan ke dalam kain kecil, lalu letakan di dalam helm semalaman. Niscaya bau apek pun minggat.


4. Segera Cuci Helm

Jika sudah menerapkan beberapa cara di atas namun bau apek pada helm tetap tidak mau pergi, segera cuci helm menggunakan air bersih dan sabun. Manfaatkan sinar matahari, kipas angin, atau hair dryer untuk mengeringkan busa helm. 


LihatTutupKomentar
close
warna baru aerox