Bukan Pakai Amplas, Begini Cara Rawat Busi Motor Ala Yamaha

  • Penggunaan amplas untuk membersihkan busi kendaraan ternyata malah akan membawa masalah baru. Lalu, bagaimana cara yang tepat?

Otojatim.com - Membersihkan busi motor bukanlah hal yang asing. Langkah ini kerap dilakukan ketika pemilik merasa performa kendaraannya bermasalah. Busi yang kotor biasanya menjadi penyebab. Maka dari itu, pemilik kendaraan biasanya mengambil langkah untuk melepas busi dan membersihkannya sendiri. Hanya saja, masih banyak pengendara yang membersihkan busi menggunakan amplas. Padahal hal ini bisa menimbulkan permasalahan baru.


Mengamplas busi ternyata bukan solusi untuk mengembalikan performa kendaraan. Ini hanya akan mengikis  lapisan elektroda. Sedangkan elektroda yang terkikis akan menyebabkan jarak elektroda semakin lebar dan terkendala pada pembakaran di ruang bakar ketika mesin menyala.


Ilham Wahyudi, GM Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), mengungkapkan bahwa Yamaha tidak menyarankan membersihkan busi menggunakan amplas. Sebab, amplas sendiri memiliki tekstur yang kasar sehingga busi dapat terkikis dengan cepat. 


“Nanti bisa menciptakan percikan api yang akhirnya menganggu pembakaran pada kendaraan. Maka dari itu jangan sekali-kali mencoba cara ini, karena dapat merugikan pengendara dikemudian hari,” tambah Ilham. 


Busi bukan komponen yang bisa dirawat secara terus menerus. Maka, jika busi sudah tidak dalam kondisi yang optimal, sebaiknya segera diganti. Jika tidak, lama kelamaan tarikan motor akan semakin berat dan kendaraan jadi lebih boros bahan bakar. Jikapun ingin dibersihkan, cukup lap busi dengan menggunakan kain.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi