Yakin Sudah Benar? Ini Teknik Hadapi Tikungan Dari Yamaha

  • Agar berkendara nyaman dan aman, ada sejumlah teknik yang harus diperhatikan oleh para pengendara sepeda motor. Salah satunya, teknik melewati tikungan dengan benar.


Otojatim.com - Mayoritas masyarakat Indonesia memilih motor sebagai kendaraan harian. Meski mudah dikemudikan, ada beberapa trik yang harus diketahui agar selamat di jalanan.

Salah satunya adalah cara menghadapi kondisi dan karakter dijalan tertentu. Misalnya jalanan berbelok atau menikung dimana pengendara harus memperhitungkan langkah yang pas agar tidak terperosok.

Tips Hemat Bensin Ala Yamaha Jatim


PT. Surya Timur Sakti Jatim selaku atau Yamaha STSJ selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara, membagikan beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan oleh pengendara sepeda motor dalam menghadapi tikungan.

“Untuk menjaga keselamatan bersama, ada beberapa poin yang harus dipahami oleh pengendara dalam menghadapi tikungan. Jadi mohon untuk di pahami dengan betul karena ini menyangkut keselamatan dalam berkendara,” kata Dwi Suwanto selaku Instruktur Service Yamaha STSJ.

Nyetir Motor Yamaha yang Aman Buat Wanita


Pertama, kurangi kecepatan kendaraan agar tidak over speed. Saat mendekati tikungan, loggarkan gas atau menggunakan rem pada saat  posisi motor masih lurus. Jangan lupa nyalakan lampu sein ketika ingin berbelok sebagai peringatan untuk kendaraan lain.

Selanjutnya, perluas pandangan saat masih jauh. Pengendara harus awas terhadap kondisi sekitar jalanan untuk memprediksi potensi datangnya kendaraan dari arah lain.

Tips Yamaha: Terjang Tanjakan Dan Turunan Curam Pakai Motor Matik


Setelah selesai menghadapi tikungan, pengendara sudah bisa kembali menambah kecepatan kendaraan seperti yang diperlukan.

Selain kemampuan mengemudi, kondisi ban juga harus diperhatikan apalagi saat melewati jalanan berpasir, tanah, atau basah. Sistem pengereman juga jadi salah satu hal penting, sebab jika terjadi hard braking secara tiba-tiba, kendaraan jadi kurang stabil. Kualitas dan kondisi jalanan juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara.

Informasi terkait tips dan trik selama menghadapi kondisi jalan lainnya dapat dilihat melalui instagram resmi @Yamahafriends.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi