Solusi Masalah Stater Tangan atau Electric Starter Pada Sepeda Motor Yamaha

Surabaya, Otojatim.com - Sebagai seorang pengendara sepeda motor, pasti pernah mengalami kesulitan saat menyalakan mesin akibat masalah pada stater tangan atau electric starter. Masalah ini cukup mengganggu dan dapat mempengaruhi kenyamanan dan praktisitas pengendara saat menggunakan kendaraannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebanyakan sepeda motor saat ini telah dilengkapi dengan electric starter yang memudahkan pengendara dalam menyalakan mesin hanya dengan menekan tombol starter. Namun, terkadang masalah pada electric starter dapat terjadi karena beberapa hal.
Meningkatkan Kinerja Stater Tangan dan Electric Starter

Menurut Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), salah satu penyebab electric starter yang tidak berfungsi dengan baik adalah akibat accu motor yang lemah.

Yamaha STSJ Ajak Jurnalis Bedah Keunggulan Teknologi Grand Filano

"Accu yang soak dapat membuat starter tidak berfungsi dengan baik. Biasanya, accu yang baik seharusnya memiliki tegangan sekitar 12,4 volt dan saat di stater, tegangan accu akan turun menjadi 12 volt. Jika tegangan accu kurang dari 10 volt, maka kemungkinan besar accu mulai bermasalah. Hal ini dapat ditandai dengan suara klakson yang tidak lagi kencang dan lampu sen yang kurang terang." kata Ilham.

Selain itu, kerusakan pada dinamo starter juga dapat mempengaruhi kinerja dari electric starter. Meskipun tergolong jarang terjadi, kerusakan pada dinamo starter bisa disebabkan oleh arang kumparannya (brush) aus atau gosong karena gesekan dengan komutator.

Yamaha GEAR 125, Skutik Serba Bisa Dengan Harga Anak Muda

Kerusakan pada dinamo starter dapat diketahui jika saat menekan switch starter, terdengar bunyi klik namun dinamo starter berputar kurang maksimal atau bahkan tidak berputar sama sekali.

Kerusakan pada kabel stater juga dapat menyebabkan masalah pada electric starter. Koneksi yang tidak sempurna dapat mengganggu rangkaian electric starter, begitu juga dengan sekring yang berfungsi untuk mengamankan arus listrik pada komponen elektronik di sepeda motor.

Yamaha Mio M3 AKS SSS, Semakin Irit, Semakin Praktis, Semakin Trendi

Umumnya, sekring memiliki ukuran 20 ampere. Jika arus yang diterima lebih besar, maka kawat sekring bisa putus untuk mengamankan rangkaian kelistrikan dan mencegah kerusakan pada komponen elektronik.

Terakhir, saklar atau switch starter pada electric starter juga dapat menjadi masalah jika tidak berfungsi dengan baik. Seperti halnya sepeda motor pada umumnya, switch starter juga dapat mengalami kerusakan.

Jika kendaraan Anda mengalami beberapa masalah yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera membawa kendaraan ke bengkel resmi Yamaha untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Hal ini dapat membantu menjaga kinerja kendaraan Anda agar tetap optimal dan memastikan kenyamanan serta keselamatan Anda saat berkendara.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi