Bahaya Isi Radiator Pakai Air Biasa, Ini Kata Yamaha STSJ

  • Yamaha STSJ membagikan tips mengisi air radiator sendiri di rumah dengan cara yang tepat.

Otojatim.com - Suhu maksimal sebuah mesin sepeda motor berkisar atara 80-90 derajat celcius. Apalagi bagi motor yang memiliki tenaga besar. Di sinilah air radiator (coolant) mengambil peran. 


Ilham Wahyudi selaku General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengatakan bahwa mengganti air radiator secara berkala penting dilakukan guna menjaga performa kendaraan dan menunjang keselamatan berkendara.


“Sebetulnya untuk mengganti air radiator cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pastikan bahwa konsumen mengganti cairan menggunakan cairan khusus pendingin seperti Yamacoolant. Bukan dengan air mineral atau air biasa,” katanya.


Menurut Ilham, penggunaan air biasa untuk radiator tidak dianjurkan oleh pabrik karena karena dapat menyebabkan korosi. Selain itu, pendinginan yang dihasilkan juga tidak maksimal sehingga menimbulkan kerak. 


Idealnya, air radiator diganti setiap 12.000 km agar performa mesin selalu terjaga layaknya motor baru.


Jika konsumen leboh nyaman mengganti air radiator sendiri di rumah dibandingkan di bengkel, maka perlu mengikuti cara berikut ini.


Pertama, siapkan dulu air coolant 1.000 ml. Saat melakukan penggantian air radiator, pastikan mesin dalam kondisi dingin. Selanjutnya, ambil wadah untuk menampung cairan radiator yang akan dikuras. Kemudian buka cover radiator dan lepaskan baut pembuangan agar air radiator dapat mengalir ke dalam wadah.


Setelah radiator kosong, pasang kembali baut pada tempat pembuangan. Buka tutup radiator, lalu isi dengan air coolant hingga penuh.


Nyalakan kembali mesin untuk memastikan sirkulasi radiator berjalan dengan baik. Jika air radiator berkurang, bisa di tambahkan kembali dan pasang lagi tutup radiatornya. 


Konsumen wajib mengisi tabung reservoir menggunakan air coolant. Tak hanya itu, perhatikan pula batas ketinggian air radiator pada tabung cadangan. Pastikan betul permukaan air berada di tengah antara batas upper dan lower pada tabung tersebut. 


Yamacoolant dapat diperoleh di bengkel resmi terdekat di seluruh Indonesia. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi