Bukan Masalah Harga, Ini Hal yang Penting Dipertimbangkan Saat Memilih Helm

  • Yamaha Jatim membagikan tips memilih helm yang aman dan nyaman.

Otojatim.com - Helm adalah salah satu perangkat yang wajib dikenakan saat berkendara dengan sepeda motor. Bukan sembarang helm, ada standar baku yang harus dipenuhi dalam memilih helm agar aman dan nyaman saat dikenakan.


Kriteria paling mendasar yang harus dipenuhi saat membeli helm adalah yang berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia).


“Tidak harus mahal, yang penting sudah berstandar SNI. Sekarang ini sudah tidak sulit mencari helm yang sesuai dengan standar. Bisa dibeli di toko pinggir jalan ataupun secara online. Pilihannya juga banyak. Jadi tidak ada alasan bagi konsumen untuk tidak mengenakan helm yang baik saat berkendara,” ungkap William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


William memberikan beberapa tips lainnya dalam memilih helm. Menurutnya, hal yang tak kalah penting adalah menyesuaikan helm dengan bentuk kepala dan style pengendara. Pastikan lingkar dalam helm lebih besar 1 cm dari ukuran kepala pengguna agar terasa lebih nyaman. Helm yang tidak nyaman akan membuat fokus pengendara terganggu selama dijalan raya. Pastikan agar helm yang dipilih terasa nyaman dan sirkulasi udara tetap terjaga. 


Terutama untuk pengendara yang hobi touring, helm full face bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk mobilitas sehari-hari dapat menggunakan helm half face.


Pemilihan kacanya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya kaca bening untuk berkendara di malam hari, dan kaca hitam di siang hari. 


"Perhatikan juga kualitas dari tali pengikat pada helm. Pastikan bisa terpasang dengan kuat dan nyaman, juga tidak terlalu sulit untuk dilepaskan," tutup William.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi