Beda dengan Servis Biasa, Ini Manfaat Tune Up di Bengkel Resmi Yamaha

  • Tune up merupakan istilah yang tidak asing dalam pemeliharaan kendaraan. Langkah ini dilakukan untuk menjaga performa kendaraan sesuai standar pabrikan.

Otojatim.com - Sepeda motor menjadi teman bermobilitas sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak yang menganggap remeh soal perawatan kendaraan. Padahal ini sangat mempengaruhi performa dan usia motor. 


Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah Tune Up. Fungsinya untuk mengembalikan mesin kendaraan ke posisi yang optimal, efisiensi bahan bakar, meningkatkan akselerasi, hingga meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. 


Dengan kata lain, tune up berguna untuk menstandarisasi kondisi kendaraan seperti standar awal. Saat performa kendaraan dirasa mulai menurun, konsumen sepeda motor Yamaha bisa melakukan tune up di bengkel resmi. 


“Istilah Tune Up pasti sudah banyak didengar oleh masyarakat. Namun yang masyarakat harus dipahami oleh konsumen adalah Tune Up itu berbeda dengan service biasa. Keduanya memang memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga performa kendaraan agar tetap awet,” papar Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Jika servis memiliki arti yang cukup luas, lain halnya dengan tune up yang spesifik pada pemeriksaan dan pemeliharaan komponen pada bagian dalam kendaraan saja. 


Tune up juga bisa dilakukan secara berkala sehingga membantu pengendara mendeteksi potensi kerusakan yang ada pada kendaraan. 


Ada tiga bagian tune up. Pertama pada komponen mesin seperti busi, oli, filter udara, filter bensin, kopling, hingga karburator. Kedua pada chasis yakni kemudi pada motor, suspensi, rantai, ban, velg, hingga kampas rem pada kendaraan.


Ketiga adalah bagian kelistrikan sepeda motor seperti tegangan aki, pengisian, fuel injeksi, lampu, hingga klakson.


Agar performa kendaraan tetap optimal, idealnya pengendara melakukan tune up dalam kurun waktu 3 bulan sekali atau per 3.000 km.  


“Konsumen juga bisa langsung datang ke bengkel resmi Yamaha terdekat untuk melakukan perawatan kendaraannya. Teknisi handal Yamaha dengan sigap akan membantu merawat kendaraan anda agar performa nya tetap terjaga,” tutup Ilham. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi