Tips Yamaha: Bukan Pakai Amplas, Begini Cara Mudah Rawat Busi Biar Tahan Lama

  • Masih banyak yang menggunakan amplas untuk membersihkan busi. Padahal itu adalah langkah yang salah. Begini cara merawat busi agar kondisinya terawat.

Otojatim.com - Meski ukurannya kecil, busi berperan penting pada kelancaran kinerja sepeda motor. Komponen ini yang membantu memberikan percikan api pada pembakaran dalam mesin, sehingga kendaraan dapat berjalan. 


Jika busi kotor, maka kinerja mesin pada kendaraan sepeda motor dapat terganggu. 


“Masih banyak pengendara yang belum paham bahwa kondisi busi akan mempengaruhi performa dari kendaraan. Kondisi busi yang sudah tidak prima dapat mengganggu tarikan gas motor, mesin motor susah menyala, bahkan bisa menyebabkan motor berhenti sesaat atau misfire,” kata Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Spare Part PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Busi yang tidak dirawat dengan baik bisa membuat performa kendaraan jadi terganggu. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar busi tetap dalam kondisi prima. Salah satunya dengan mengecek kerak kepala busi. 


Hindari membersihkan busi menggunakan amplas. Hal ini karena material amplas sama dengan busi, sehingga saat keduanya bergesekan, kepala busi jadi terkikis.


Cek juga kondisi kerapatan busi saat ganti oli kendaraan. Setiap pemakaian 2.000 – 3.000 Km, cek kondisi busi. Jika sudah gak layak, segera ganti dengan yang baru. Gunakan Spare Part ASLI, agar performa kendaraan terjaga seperti sedia kala. 


Pembelian dapat dilakukan melalui bengkel resmi Yamaha Surya Inti Putra (SIP) terdekat dari tempat anda.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi